Atlantis Terpaksa Mendarat di California

Setelah tertunda dua hari, pesawat ulang alik Atlantis akhirnya melakukan pendaratan di Edwards Air Force Bace, California, Minggu (24/5) pagi waktu setempat. Pesawat yang membawa tujuh awak untuk misi perbaikan teleskop Hubble itu mendarat sekitar pukul 22.41 WIB.

“Selamat datang Atlantis,” ujar petugas pusat pengendali misi begitu pesawat menyentuh landasan dengan mulus. “Selamat atas misi yang sangat sukses memberi mata baru kepada Hubble.”

Atlantis telah berada di luar angkasa selama 13 hari dari 11 hari yang direncanakan. NASA terpaksa menunda sampai dua hari karena berharap dapat mendaratkan pesawat ualng alik tersebut di Kennedy Space Center, Florida yang menjadi pangkalannya.

Pendaratan seharusnya dijadwalkan Jumat (22/5) namun urung karena cuaca buruk di Florida. Dua kali kesempatan pendaratan sepanjang Sabtu juga gagal. Pendaratan akhirnya terpaksa dilakukan di California yang menjadi lokasi cadangan pertama mengingat cuaca buruk di Kennedy Space Centertidak kunjung membaik.

Sebagai konsekuensi, NASA harus merogoh biaya operasional lebih besar sekitar 2 juta dollar. Biaya tersebut dibutuhkan untuk mengangkut Atlantis kembali ke pangkalannya menggunakan pesawat jumbo Boeing yang telah dimodifikasi.

Sementara Atlantis akan disiapkan kembali ke Florida, saat ini telah bersiap meluncur pesawat ulang alik Endeavour. Misi peluncuran yang dijadwalkan Juni nanti melanjutkan pembangunan stasiun antariksa internasional (ISS) yang diharapkan rampung tahun 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s