Kaka Pergi, Serie-A Mundur

KEPERGIAN Kaka ke Real Madrid dinilai semakin memperbesar tanda-tanda kemunduran Liga Serie-A. Apalagi jika bintang lain akan menyusulnya.

Sebelumnya, Serie-A sudah kehilangan pelatih Carlo Ancelotti yang pindah ke Chelsea. Sedangkan pemain legendaris Paolo Maldini pensiun. Kini, Kaka menyusul pergi. Di belakangnya, striker Inter Milan, Zlatan Ibrahimovic juga dikabarkan sedang didekati Barcelona.

Tak hanya itu, striker Milan, Alezandre Pato juga dilirik klub di luar Italia. Kepergian Kaka bisa membuatnya berpikiran untuk pindah juga. Bahkan, Andrea Pirlo juga didekati Chelsea dengan iming-iming kontrak empat tahun yang menggiurkan.

“Aku tak pernah berpikir untuk mengenakan satu seragam dalam waktu yang lama,” kata Ibrahimovic.

Setelah kasus Calciopoli, Serie-A sempat menurun. Namun, beberapa klub berusaha membangkitkannya kembali. AC Milan membeli Ronaldinho dari Barcelona dan sempat meminjam David Beckham. Sementara, Inter mendatangkan Jose Mourinho yang pintar membuat sensasi.

Namun, hanya semusim, kini indikasinya justru ada penurunan. Lima nomine Pemain Terbaik Dunia 2008 (Cristiano Ronaldo, Lionel Messi,Fernando Torres, dan Xavi Hernandez), bermain di Spanyol dan Inggris. Sementara, bintang lain juga ada indikasi pergi.

“Sepuluh tahun lalu, Messi dan Cristiano Ronaldo bisa bermain di Italia. Tapi, sekarang tak satu pun yang mempertimbangkan bermain di sini,” keluh Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani.

Masalah keuangan menjadi alasan utama. AC Milan beberapa kali mengeluhkan kebijaksanaan pajak di Italia yang menyulitkan klub-klub sepak bola. Sehingga, klub tidak bisa meraih keuntungan secara optimal.

Selain itu, kebanyakan klub Italia tidak memiliki stadionnya sendiri. Sehingga, penghasilan dari penonton pun tak bisa optimal. Pada akhirnya, klub sulit membangun tim dengan baik.

Maka, kepergian Kaka itu cukup mengkawatirkan para analis sepak bola. Dia bisa memancing keinginan bintang lain untuk pindah ke negara lain. Jika itu terjadi, maka daya tarik sepak bola Italia, terutama Liga Serie-A akan kembali menurun.

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s