Tarif Mobil dan Motor Jembatan Suramadu

Indopedia.wordpress.com – Pemerintah menetapkan tarif jembatan tol Surabaya–Madura (Suramadu) sebesar Rp30.000 untuk mobil (golongan I) sedangkan sepeda motor Rp3.000 per motor.

Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan tarif itu akan berlaku efektif setelah selesainya masa uji coba sekitar selama dua pekan.

“Tarif tol akan diberlakukan setelah uji coba jembatan tol Suramadu,” katanya dalam sambutan peresmian jembatan tol Suramadu di Bangkalan Madura, hari ini.

Djoko menjelaskan tarif itu akan dikutip oleh PT Jasa Marga selaku pemenang lelang terbatas operator tol Suramadu selama 18 bulan.

Keputusan pemerintah itu memperlihatkan tarif tol jembatan Suramadu lebih murah 40% hingga 60% dibandingkan tarif angkutan penyeberangan menggunakan kapal ferry.

Menteri PU menambahkan pihaknya mengakomodasi aspirasi masyarakat Madura dan Jawa Timur agar sepeda motor dapat melalui tol Suramadu.

“Jembatan Suramadu memiliki lebar 30 meter dengan dua lajur dan tambahan lajur sepeda motor,” papar Djoko.

Menteri menjelaskan pembangunan bentang Madura dan Surabaya dilakukan konsorsium konstraktor lokal sedangkan bentang tengah oleh konsorsium China. Pencanangan tiang perdana pembangunan jematan itu dilakukan ketika pemerintahan Megawati Soekarnoputri pada 2003.

Bentang tengah yang dapat dilewati kapal memiliki panjang 400 meter atau lebih panjang dari desain awal yang hanya 150 meter.

Ternyata, Suramadu bukan yang terpanjang di Asia Tenggara. Total panjang Suramadu memang 24,5 km, tapi hanya 5,4 km yang di atas air. Penang Bridge, Malaysia, diresmikan 1985, total panjangnya 13,5 km, tapi yang benar-benar di atas air sepanjang 8,4 km. (ln)

Sumber : Web.bisinis.com

Buat pengendara sepeda motor bisa juga menikmati jembatan Suramadu, berarti pemerintah telah mengakomodir keinginan dari para pengguna sepeda motor untuk bisa melintasi jembatan tersebut. dan buat penduduk madura berarti sebuah kesempatan untuk dapat berkembang lebih cepat.

One response to “Tarif Mobil dan Motor Jembatan Suramadu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s