BI Kurangi Uang untuk Penukaran Keliling

Bank Indonesia (BI) mengurangi jumlah uang yang disediakan untuk penukaran uang pecahan kecil melalui mobil keliling menjadi hanya Rp 200 juta per mobil dari sebelumnya Rp 300 juta.

Petugas penukaran uang yang beroperasi di Pasar Baru, Ismail di Jakarta, Jumat (12/6), mengatakan pengurangan tersebut berkaitan dengan antisipasi bank sentral itu terhadap risiko keamanan menjelang pemilihan presiden pada 8 Juli mendatang.

“Pengurangan uang sebanyak Rp100 juta dilakukan sejak dimulainya kampanye pemilihan presiden 10 Juni lalu, untuk mengantisipasi risiko keamanan saja,” kata Ismail.

BI semula menyediakan uang sebesar Rp 300 juta pada masing-masing mobil yang bertugas melayani penukaran uang pecahan kecil. Namun  setelah dimulainya kampanye pemilihan presiden jumlahnya dikurangi Rp 100 juta. “Nanti setelah terpilih presiden yang baru, jumlah uang yang disediakan untuk melayani masyarakat yang ingin menukarkan uang akan kembali seperti semula yaitu Rp 300 juta untuk setiap mobil yang bertugas,” katanya.

Mobil keliling itu melayani penukaran uang setiap hari Senin-Jumat, mulai dari pukul 09.00 WIB di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya. “Saat ini ada empat mobil yang bertugas melayani penukaran uang,” katanya.

Ismail mengatakan pusat perbelanjaan di Jakarta yang menjadi sasaran mobil keliling BI antara lain Pasar Baru, Tanah Abang, Pusat Grosir Cililitan, Glodok, kawasan Senen, dan Bendungan Hilir.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s