Minyak Masih di Atas 70 Dollar AS

Indopedia.wordpress.com – Harga minyak melemah di perdagangan Asia pada Senin (16/5), karena para pedagang melakukan aksi ambil untung menyusul kenaikan kuat pekan lalu.
Kontrak berjangka utama New York, minyak mentah “light sweet” untuk pengiriman Juli, turun 48 sen menjadi 71,56 dollar AS per barrel dari penutupan Jumat.

Minyak mentah “Brent North Sea” untuk pengiriman Juli, menyusut 39 sen menjadi 70,53 dollar AS per barrel.

“Harga telah naik demikian banyak, meski secara keseluruhan fundamental masih lemah, karena itu para pedagang melakukan ambil untung,” kata Victor Shum, prinsipal senior konsultan energi Purvin and Gertz di Singapura.

Harga minyak melonjak di atas 73 dollar AS per barel pekan lalu, mencapai sebuah puncak  2009 pada 73,23 dollar AS pada Kamis — level tertinggi sejak Oktober.

Shum menambahkan, pasar  “rawan untuk terkena koreksi” setelah berlari “bullish” (bergairah), tetapi harga masih bergantung pada nilai dollar AS. “Pergerakan dollar akan memainkan peran penting dalam mengendalikan  harga minyak,” kata dia, menunjuk bahwa kenaikan kuat pekan lalu terutama di latar belakangi melemahnya mata uang AS ini.

Sebuah pelemahan dollar membuat minyak lebih murah untuk para pembeli pemegang mata uang kuat. Kecenderungan itu menstimulus permintaan dan mendorong pasar meningkat.

Pasar juga mengabaikan laporan bulanan terakhir Organisasi Negara Pengeskpor Minyak (OPEC) yang menurunkan estimasi permintaan untuk 2009 di tengah sinyal stabilisasi dalam ekonomi global.

sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s