Pertumbuhan Pasar 4 Bulan Pertama 2009 Positif

Perdagangan grocery Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan yang positif, yaitu 7,4 persen pada Januari – April 2009. Angka ini tidak sehebat periode yang sama tahun lalu yaitu 21,9 persen.

“Ini merupakan dampak dari krisis ekonomi global beberapa waktu lalu,” kata Direktur Eksekutif Pengukuran Retail Nielsen Teguh Yunanto di Jakarta, Selasa (16/6).

Disampaikan, pelambatan pertumbuhan pasar ritel ini juga dikarenakan adanya kenaikan harga dan menurunnya daya beli masyarakat. Menurut Teguh, pertumbuhan pasar cenderung konsisten untuk pasar modern maupun pasar tradisional.

“Pasar modern tumbuh 13,4 persen pada kuartal ini, sedangkan tahun lalu 28 persen. Untuk pasar tradisional menunjukkan pertumbuhan positif 4,1 persen, berbeda pada tahun lalu 18,8 persen,” ungkapnya.

Data yang didapat Nielsen merupakan hasil pengumpulan data mingguan dari pembelian rumah tangga untuk kategori produk-produk kebutuhan sehari-hari di Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang Medan, dan rural Jawa yang berjumlah ratusan. Survei dilakukan terhadap 2.800 rumah tangga di urban dan 1.600 rumah tangga di rural.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s