Yen dan dolar AS menguat seiring konflik Iran

Kurs yen dan dolar AS kembali menguat terhada euro di tengah situasi politik di Iran yang memanas antara polisi dan pengunjuk rasa, sehingga meningkatkan permintaan untuk aset lebih aman.

Yen menguat terhadap 16 mata uang aktif lainnya setelah sejumlah orang terbunuh di Iran yakni menjadi 17 orang. Dolar Australia dan Selandia Baru melemah, dipicu aksi investor yang menjual aset berisiko tinggi.

“Saat ini ketidakpastian semakin memuncak khususnya mengenai kejadian di Iran. Kondisi ini akan mendorong penguatan yen,” kata Ryohei Muramatsu, manager of Group Treasury Asia di Tokyo untuk Commerzbank AG.

Yen menguat menjadi 133,36 per euro pada pukul m10:56 a.m waktu Tokyo dari 134,18 di New York akhir pekan. Mata uang Jepang ini juga terapresiasi menjadi 95,90 per dolar AS dari 96,27. Dolar AS sendiri menguat menjadi US$1,3905 per euro dari US$1,3937.

Indeks saham Nikkei 225 Jepang turun 0,1% setelah pada awal pembukaan naik 0,4%. Indeks saham MSCI Asia Pasific termasuk Jepang turun 0,3%.

Mata uang Jepang menguat 1,1% menjadi 76,76 terhadap dolar Australia dan menguay 0,8% menjadi 61,36 terhadap dolar Selandia Baru dipicu kerusuhan di Iran.

Sumber : Web.bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s