Ruang semakin terbatas, rupiah menguat 9,99%

JAKARTA (Bisnis.com): Nilai tukar rupiah terapresiasi atau menguat 9,99% selama triwulan II-2009 dipicu meningkatnya arus dana asing yang masuk ke pasar domestik. Namun ruang pelonggaran moneter semakin terbatas.

Kepala Biro Direktorat Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Didy Laksmono R dalam siaran persnya seusai rapat dewan gubernur BI siang ini mengatakan faktor fundamental ekonomi yang tetap positif, pelaksanaan Pemilu yang berjalan lancar dan sentimen positif ekonomi global telah meningkatkan arus dana asing masuk ke pasar domestik.

Arus modal yang tetap positif, bersamaan dengan membaiknya ekspor berkontribusi positif pada kinerja Neraca Pembayaran Indonesia (NPI). Ke depan, perekonomian Indonesia pada tahun 2009 diproyeksikan tumbuh lebih baik dari perkiraan semula dengan laju inflasi yang terus menurun.

Pada siang ini kurs rupiah melemah 30 poin menjadi Rp10.205 per dolar AS menurut data IMQ pukul 13.45 WIB.

Menguatnya perekonomian negara mitra dagang telah memperbaiki kinerja ekspor Indonesia sehingga transaksi berjalan mengalami surplus US$2,2 miliar. Dari sisi permintaan domestik, konsumsi swasta diperkirakan masih dapat tumbuh cukup tinggi di atas 5% bersamaan dengan semakin rendahnya tingkat inflasi. Namun, dalam kondisi permintaan yang masih lemah dan tingkat utilisasi kapasitas yang masih rendah, kegiatan investasi masih terbatas. Mencermati perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi selama triwulan II-2009 diprakirakan berada dalam kisaran 3,7-4,0%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s