Nge-charge Ponsel, Cukup Gowes Sepeda

Malangnya nasib warga di pedalaman Kenya yang daerahnya tidak tercover listrik. Untuk mengisi ulang baterai ponsel saja mereka harus melakukan pengorbanan tertentu.

Pertama, mereka harus menempuh perjalanan sangat jauh menuju toko. Setelah itu, mereka dikenakan biaya US$2 untuk mengisi ulang alat komunikasi, yang biasanya tenaganya didapat dari baterai mobil dan panel tenaga surya.

Namun untung ada dua ‘penyelamat’ yang memutar otak untuk membebaskan warganya dari kondisi ini. Jeremiah Murimi (24) dan Pascal Katana (22), dua pelajar Kenya telah berhasil menemukan cara baru yang unik untuk mengisi ulang baterai ponsel, tanpa perlu bersusah payah.

Yang diperlukan hanyalah sepeda ‘smart charger’ yakni alat yang mereka ciptakan dan tentu saja tenaga untuk mengayuh sepeda.

Bagaimana alat ini bekerja? Dua pelajar cerdas ini mengoperasikan charger pintar tersebut dengan cara mencolokkannya ke dinamo yang biasanya ada di roda belakang sepeda milik warga Kenya. Warga Kenya biasanya menjual sepeda lengkap dengan dinamo yang digunakan untuk menghidupkan lampu depan.

Setelah dicolokkan, maka yang harus dilakukan penggunanya adalah mengayuh sepedanya untuk mengalirkan tenaga dinamo tersebut. Katana menjelaskan, ia butuh satu jam mengayuh sepeda untuk membuat ponselnya fully charge.

Alat seperti ini memang bukanlah yang pertama kalinya dicipatakan, namun di Kenya ini adalah yang perdana. “Sekarang ini mengisi ulang baterai ponsel sangatlah mahal. Dengan charger baru ini aku berharap isi ulang baterai ponsel menjadi lebih ekonomis dan mudah,” ujar Katana.

Mereka mengaku, memanfaatkan barang-barang tak terpakai untuk menciptakan alat berukuran kecil tersebut. Berbagai permintaan untuk alat inipun datang dari sejumlah pihak, termasuk dari organisasi non-pemerintah. Dilansir detikINET dari BBC, Senin (27/7/2009), kini mereka tengah mencari cara untuk memproduksinya secara massal.

One response to “Nge-charge Ponsel, Cukup Gowes Sepeda

  1. Buktikan IndonesiaMu
    aio dukung Pulau Komodo sebagai new7wonders
    klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s