Pulau-Pulau Terluar Kurang Perhatian Pemerintah

Pemerintah dinilai kurang memerhatikan pulau-pulau terluar di Indonesia serta masyarakat yang tinggal di dalamnya. Akibatnya, masyarakat setempat lebih banyak berinteraksi dengan warga di negara yang terdekat dengan pulau. Hal itu akan mengancam klaim negara lain terhadap pulau-pulau terluar.

“Jangankan pulau terluar, 30 km dari Jakarta aja tidak diperhatikan. Sejengkal tanah pun harus dipertahankan dengan nyawa,” ungkap Penggiat Masyarakat Nusantara, Bondan Gunawan, dalam diskusi bertema “Menjaga Bumi dan Budaya Indonesia” yang diselenggarakan oleh Trijaya di Warung Daun Jakarta, Sabtu (29/8).

Menurutnya, pemerintah harus meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh wilayah Indonesia hingga masyarakat di pulau terpencil. “Harkat dan martabat manusia harus diangkat,” ucapnya.

Namun, menurut Tony Ruchimat, Direktur Pemberdayaan Pulau-Pulau Kecil Departemen Kelautan, pemerintah sudah berusaha untuk membantu masyarakat di pulau terluar. Hal itu seperti membangun infrastruktur di pulau, membangun listrik tenaga surya, dan langkah-langkah lain. “Interaksi ekonomi dengan negara lain tidak bisa dihindari karena letaknya yang jauh,” ucapnya.

Ia menjelaskan, terdapat 92 pulau kecil terluar di Indonesia yang 59 di antaranya tidak berpenduduk. Pemerintah ke depan harus lebih meningkatkan ekonomi masyarakat di pulau terluar untuk mengurangi interaksi dengan asing. “Harus diperbaiki ekonomi mereka,” ujarnya.

One response to “Pulau-Pulau Terluar Kurang Perhatian Pemerintah

  1. potensi pulau terluar indonesia selama ini terabaikan. ibarat membangunkan putri tidur, kita harus memperlakukan pulau tersebut semesra mungkin dengan memberikan perhatian-perhatian untuk membangkitkan potensi yang ada.
    andai kata pengelolaan pulau ini diserakhan kepada beribu-ribu kepala keluarga yang menganggur, tak kan ada lagi yang jadi TKI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s