Jelang Lebaran, Perajin Dekorasi Ketupat Banjir Order

Dua minggu menjelang Lebaran, perajin dekorasi ketupat jumbo sudah kebanjiran pesanan. Dekorasi ini biasanya dijadikan hiasan di pusat perbelanjaan maupun hotel untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Salah satu perajin dekorasi ketupat jumbo yang kebanjiran order tahun ini adalah Bahrul Ulum yang tinggal di Jalan Kuta Raya, Bali. Bagi Bahrul, awal ide pembuatan ketupat jumbo karena langkanya perajin yang menjual dekorasi khas Lebaran di Bali untuk hiasan di pusat perbelanjaan dan hotel.

Bahan yang digunakan adalah karet spon ukuran tipis yang bisa digunakan untuk sandal atau topi yang terlebih dahulu dipotong-potong memanjang sesuai ukuran yang dikehendaki. Setelah itu baru dianyam layaknya seperti membuat ketupat pada umumnya. Agar terlihat menyerupai aslinya, ketupat yang sudah dianyam langsung ditambahkan semprotan cat air brush warna hijau atau lainnya.

Untuk mempercepat waktu, proses pengerjaan ketupat-ketupat ini dibantu oleh anak dan istri Bahrul. Dalam sehari, Bahrul dibantu keluarganya mampu membuat 500 buah ketupat jumbo.

Ukuran ketupat yang dibuat Bahrul beraneka ragam sesuai pesanan, mulai dari ukuran terkecil 20 centimeter sampai ukuran terbesar 50 centimeter. Harga yang ditawarkan juga beragam sesuai ukuran, yaitu mulai dari Rp 15 sampai 50 ribu per buah. Dalam seminggu, Bahrul mampu meraup untuk untung sampai puluhan juta rupiah.

Setelah tiga tahun terjun dalam bisnis dekorasi ketupat jumbo, kini pemesanan hasil karyanya berdatangan dari berbagai daerah selain Bali, yaitu Surabaya dan Makassar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s