Letusan Gunung Terdahsyat Sepanjang Sejarah Bumi

Hasil dari letusan supervolcano Gunung Toba

Indonesia adalah tempat dimana gunung-gunung berapi teraktif di dunia berada dan di Indonesia juga tempat dimana terjadinya letusan gunung terdahsyat di dunia terjadi.

Diantara kita mungkin hanya tahu bahwa letusan-letusan gunung yang terdahsyat di dunia seperti Gunung Krakatau (1883) yang telah menewaskan 36 ribu jiwa lebih dan gunung Tambora (1815) yang telah menewaskan sekitar 92 ribu jiwa tapi tahukan anda letusan terhebat sepanjang sejarah bumi kita ini ?.

Danau Toba pada puluhan, bahkan ratusan ribu tahun yang lalu merupakan sebuah gunung api. Menurut penelitian para ahli sejarah Gunung Toba pernah 3 kali mengalami letusan dahsyat.

Yang pertama letusan yang sangat dahsyat terjadi sekitar 800 ribu tahun yang lalu. Letusan ini menghasilkan sebuah kaldera di bagian selatan Danau Toba.

Letusan dahsyat yang kedua terjadi sekitar 500 ribu tahun yang lalu. Letusan ini juga menghasilkan kaldera di bagian utara Danau Toba. Letusan kedua ini hanya sedikit lebih kecil saja dari letusan pertama.

Letusan ketiga terjadi sekitar 73 ribu tahun yang lalu. Letusan ini  adalah letusan terdahsyat yang pernah di teliti oleh para peneliti. Letusannya maha dahsyat sehingga menciptakan Danau Toba yang ada sekarang ini dengan panjang sekitar 100 Km. dan lebar 30 Km.

Kekuatan letusan Gunung Toba jauh lebih dahsyat dibandingkan letusan Gunung Krakatau dan Gunung Tambora sehingga di laporkan telah di temukan debu riolit di India yang usianya sama dengan batuan yang ada di Danau Toba.

Gunung Toba ini tergolong Supervolcano. Hal ini dikarenakan Gunung Toba memiliki kantong magma yang besar yang jika meletus kalderanya sangat besar sekali. Volcano hanya bisa menciptakan kaldera ratusan meter, sedangkan Supervolacano bisa menciptakan kaldera sampai puluhan kilometer.

One response to “Letusan Gunung Terdahsyat Sepanjang Sejarah Bumi

  1. beritanya menarik buanget dan menambah wawasan. saya sangat tertarik dengan infonya,,,:))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s